Selasa, 17 Agustus 2010

a few thing i know about light...

ehem... baru-baru ini dapet kritikan...
maksudnya bagus sih mengkritik.. tp berasanya kosong banget hehehehe...
dulu sayapun model newbie sotoy yang seenak udelnya ngomong sih.. mungkin karma hehehe
*walau sampe sekarang masi newbie sotoy hahahhaa...
untung ketemu sama Ryan Ishak yang kemudian mencoba mengingatkan, dan kemudian saya sangkal akwakwkawkakwawk (sorry dude... i was young that old day).
jadilah dya menghina saya.. dan beberapa saat dari situ saya sadar bahwa saya gak sepinter itu motret... dan sekarang kami teman baek.. thx to him.. sekarang saya mau mendengar orang lain..
ehem.. back to the point...
ini adalah bberapa hal yang saya tau mengenai cahaya...
terutama yang selama ini saya gunakan untuk memotret model...
hihi yang saya maksud disini adalah yang menggunakan tambahan alat model flash or lampuu..

seorang senior saya mengajarkan beberapa jenis cahaya... dan ini yang saya mengerti CMIIW ya everybody.. sayapun masi bodoh..
yang pertama :

Main light...
main light ini adalah cahaya utama yang digunakan dalam sebuah foto..
mereka bisa straight.. bisa side light.. bisa ini dan itu... tapi ini adalah cahaya utama yang nantinya menonjolkan objek utama dari foto...

for example.. ini foto...

main light nya dari matahari... hehehehehe... penggunaan flash disini di samping kanan model cuman buat bikin dimensi and fill light.. CMIIW..
karena ga bawa payung.. ada bayang kerasss hehehe.. jadi ini foto cahayanya gabungan dari main light and fill light.. (mas mas.. wong mbayang dimana" low yaaaa !!! ups ups...)
but hey... ini yang aq tau.. correct me if i'm wrong okaaayy !!

yang laennya lagi.. ada rim light...
mmm... ini gunanya bwat bikin pemisah antara BG ama object...
aduuhh... ga punya contoh wkwkwkww
tpi ada tuh di entry sebelumnya... foto cewe di tulisan 25km/jam...
itu yang dipinggirnya rim light... hihi CMIIW

sisanya hair light... ama background light...
hair light bwat menegaskan rambut...
BG light bwat nerangin BG foto...
kurang lebihnya gt deh...

ama seniorq dikasi tau jg ketika kita moto.. kudu tau gunanya tiap cahaya yang kita pake..
jadi ga ngawurr... hehehehe
CMIIW yupss...

ada tutorial yang bagus nih.. monggo mampir..
smoga kalo ini kurang.. link ini bisa menjelaskan lebih...
http://www.portraitlighting.net/Multilightb.htm

Rabu, 03 Maret 2010

bokeh lensa zoom

gw pernah denger ada orang bilang gini..
"lensa zoom kan kaga bisa buat bikin bokeh, yang bisa dan bagus ya cman lensa fix"
itu bullshit !!
hwahahahahha... lensa zoom.. pada kondisi zoom penuh (range dya paling jaoh) kalo dipake kaya lensa fix biasa bisa menghasilkan bokehh... (*kalo gak salah, gak berlaku di lensa super ato ultra wide yaaa)

ini contoh bokeh lensa 18-200...
kalo gak salah.. di full zoom ampe 200..
ntah data meteringnya gimana...
yang pasti.. bisa kok bikin bokeh..
tapi emang.. rada terbatas dan beda ama lensa fix..

smoga pengetahuan yang sedikit ini bisa bantu bwat yang ga ngertiii....

high key with one flash

hihi sharing-sharing ah..
baru- baru ini realize sesuatu yang newbie banget...
ternyata bisa bikin foto high key tanpa punya banyak- banyak lampu..
gini kira-kira diagramnya :
















jadi kepikiran.. ini studio mini paling hemat disaat mendesak..
jadi kalo ga sempet bawa apa-apa.. teknik ini cukup aman bwat dipake.
nanti bagian-bagian yang kurang bisa diselametin di PS..
semoga bergunaa...


ini satu foto gak sempurna yang aq buat..
nyobain f kurang dari 4.. ehehe...
mayan dah.. ini juga 50mmq ga pake hood...
jadinya nge-flareee

Selasa, 02 Maret 2010

pengalaman strobistq...

whew... lama banget gak ngisi ni blog yapss..
hihi... barusan aja masukin ni blog bwat adsense... tuh liat di sebelah kiri... hihi
anyway... balik ke topik...

gw yang anak bawang ini.. barusan aja maenan flash yang di off shoe..
senjata gw selama ini... yongnuo 462 ama trigger ctr-301P



ni salah satu foto yang gw buat dengan 1 flash ini..
komposisinya.. flash di samping kanan agak ke belakang..
flash dalam set full power..
kalo gak salah.. bukaan di kamera 9.0... speed sekitar 80..
kalo gak salaahh hehehe
idenya.. dapetin back light sekaligus hair light yang alus bwat bikin dimensi.
and this is what i got...












yang di kiri ini... pake flash pinjeman...
yang ga jauh beda.. pake yongnuo 46x (lupa.. sorry) 2 biji.. di mount di reciever CTR301P semua..
komposisinya di kiri satu arah muka.. di belakang 1...
(padahal ni foto bwat job orang low hehehe)
secara gak sengaja.. dibuat flare... yang ternyata lumayan lucu..
kalo gak salah.. teknik kaya gini namanya "cross" ya...











itu dlu dari gw... latter gw lanjutin dengan teknik-teknik baru yang gw belajarin...
klo mau liat-liat.. bisa ke galeri DA gw dlu yapzz..
c ya all...

Sabtu, 23 Januari 2010

things thats different when you using canon DSLR

before i use my canon EOS 450d, i'm using nikon d80.
i was having much fun with my d80, until i had my first night shoot without flash.
ccd on d80 couldn't stand the heat, and having so much noise on the photo.
the photo almost can not be used, even when i used imagenomic noiseware.
then a few month latter, i sold my d80 and have this 450d.
this camera may have ISO range under my old D80.. but the noise level much lower.
night shoot never been any problem again..

a few week using it, i realize so much different thing from canon and nikon..
in nikon, F number will not much change your picture (except the bokeh) when you take shoot on studio..
but in canon.. you will have so much different picture when changing it..

other thing i realize, that the price of canon lenses is much cheaper than nikon lenses..

i was happy enough having 450d.. even when people tell me that i was stupid comparing it for my old d80.
i told you.. it much better...
Ada kesalahan di dalam gadget ini