Selasa, 27 Oktober 2009

proses foto infrared.. step by step...

okay.. saatnya memasukan sesuatu yang berguna disini.. hehehe
proses IR photo...

mungkin banyak yang belum tau... kaya gw 3 hari laluu..
gw abis bongkar kamera.. (mungkin latter gw juga bikin tutorial) bwat nyopot hot mirror...
gw pakein filter jadi-jadian dari 2 layer processed film...
hasilnya ga bisa kaya yang dibuat orang- orang... setelah cari dan cari.. ternyata... kudu edit..
beberapa cara yang mudah adalah.. cross process ama swap channel...
sekarang.. kita bahas swap channel dulu...


first.. siapin foto..

PERINGATAN !!!
di tutorial ini gw pake kamera yang gw bongkar sendiri... copot hot mirror..
dan gw pake 2 layer processed film... dan warna yang keluar kaya gini...



dikanan ini foto yang bakalan gw pake
foto barusan aja hehehehe...
mumpung anak bangun tidur dan masi lucuu...











oke.. next...put it on PS...

first thing first... allways bikin duplikat BG...

then buka curve ato level..
disini gw lebih suka "auto"... klo mau edit sendiri.. no problemo..



jadinya gini kira-kira...



then selanjutnya... gw suka pake colour balance...
bikin lebih biru daun dan sebagainya... jadi nanti waktu di swap.. emasnya lebih berasa...



then... ini yang bikin kenapa ni prosses dibilang swap channel...
pertama.. merge visible dlu semua proses tadi... (gw ga tau cara gampang laen biar ni channel mixer ga kepengaruh ama proses yang lain sih ahhahaa)



masuk ke channel mixer...
ubah nilai red di channel red jadi nol... trus blue jadi 100..



then.. masuk ke channel blue..
ubah blue jadi nol... dan red jadi 100...



VOILAAA !! uda berubah tuh gambar... hihiihhii



sori ga dalem-dalem banget... sini jg masi belajaran banget...
untuk tone kulit... klo mau niat maenan.. di masking aja.. katanya bisa sambil maenan hue and saturation... hho..
slamat berkreasii..
tag gw klo ada tutorial yang lebi baek yaaaa... thx all !!

latter gw bikinin tutorial bongkar kamera... klo gw semet bongkar lagi yaa
insya Allah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar