Selasa, 17 Agustus 2010

a few thing i know about light...

ehem... baru-baru ini dapet kritikan...
maksudnya bagus sih mengkritik.. tp berasanya kosong banget hehehehe...
dulu sayapun model newbie sotoy yang seenak udelnya ngomong sih.. mungkin karma hehehe
*walau sampe sekarang masi newbie sotoy hahahhaa...
untung ketemu sama Ryan Ishak yang kemudian mencoba mengingatkan, dan kemudian saya sangkal akwakwkawkakwawk (sorry dude... i was young that old day).
jadilah dya menghina saya.. dan beberapa saat dari situ saya sadar bahwa saya gak sepinter itu motret... dan sekarang kami teman baek.. thx to him.. sekarang saya mau mendengar orang lain..
ehem.. back to the point...
ini adalah bberapa hal yang saya tau mengenai cahaya...
terutama yang selama ini saya gunakan untuk memotret model...
hihi yang saya maksud disini adalah yang menggunakan tambahan alat model flash or lampuu..

seorang senior saya mengajarkan beberapa jenis cahaya... dan ini yang saya mengerti CMIIW ya everybody.. sayapun masi bodoh..
yang pertama :

Main light...
main light ini adalah cahaya utama yang digunakan dalam sebuah foto..
mereka bisa straight.. bisa side light.. bisa ini dan itu... tapi ini adalah cahaya utama yang nantinya menonjolkan objek utama dari foto...

for example.. ini foto...

main light nya dari matahari... hehehehehe... penggunaan flash disini di samping kanan model cuman buat bikin dimensi and fill light.. CMIIW..
karena ga bawa payung.. ada bayang kerasss hehehe.. jadi ini foto cahayanya gabungan dari main light and fill light.. (mas mas.. wong mbayang dimana" low yaaaa !!! ups ups...)
but hey... ini yang aq tau.. correct me if i'm wrong okaaayy !!

yang laennya lagi.. ada rim light...
mmm... ini gunanya bwat bikin pemisah antara BG ama object...
aduuhh... ga punya contoh wkwkwkww
tpi ada tuh di entry sebelumnya... foto cewe di tulisan 25km/jam...
itu yang dipinggirnya rim light... hihi CMIIW

sisanya hair light... ama background light...
hair light bwat menegaskan rambut...
BG light bwat nerangin BG foto...
kurang lebihnya gt deh...

ama seniorq dikasi tau jg ketika kita moto.. kudu tau gunanya tiap cahaya yang kita pake..
jadi ga ngawurr... hehehehe
CMIIW yupss...

ada tutorial yang bagus nih.. monggo mampir..
smoga kalo ini kurang.. link ini bisa menjelaskan lebih...
http://www.portraitlighting.net/Multilightb.htm

1 komentar:

  1. pi...
    met HARI RAYA IDUL FITRI ea
    MInal Aidzin Wall Faidzin
    mohon maav lahir dan batin

    maavin lok bobie puna salah ma pi
    :'(

    BalasHapus